KM Borneo Pearl Ditangkap Bawa 850 Kg Ikan Hiu di Kepulauan ... | Liputan 24 Kepulauan Riau
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

KM Borneo Pearl Ditangkap Bawa 850 Kg Ikan Hiu di Kepulauan ...

Posted by On 2:54 AM

KM Borneo Pearl Ditangkap Bawa 850 Kg Ikan Hiu di Kepulauan ...

KM Borneo Pearl Ditangkap Bawa 850 Kg Ikan Hiu di Kepulauan Riau, Ini Penjelasan Lantamal

Satu kapal motor (KM) Borneo Pearl pada 28 Juli 2018 di sekitar Desa Ladan, Tenggara Pulau Palmatak Kepulauan Riau

KM Borneo Pearl Ditangkap Bawa 850 Kg Ikan Hiu di Kepulauan Riau, Ini Penjelasan LantamalTRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWADanlantamal IV Tanjungpinang Laksma TNI R Eko Suyatno saat berbincang dengan nahkoda dan ABK KM Borneo Pearl.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, ‎TANJUNGPINANG - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang membenarkan jajarannya yakni Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa mengamankan satu kapal motor (KM) Borneo Pearl pada 28 Juli 2018 di sekitar Desa Lada n, Tenggara Pulau Palmatak Kepulauan Riau.

‎Komandan Lantamal (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laskma TNI R. Eko Suyatno melalui Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal IV Tanjungpinang Mayor Laut (KH) Martdianus Samuel Ponto menuturkan penangkapan KM Borneo Pearl melakukan aktifitas penangkapan ikan di sekitar Desa Ladan, Tenggara Pulau Palmatak diduga tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah.

Baca: Penangkapan Kapal Politeknik Negeri Pontianak Bawa Ikan Hiu 850 Kg, Ini Kronologinya

"Jajaran Lantamal IV Tanjungpinang yakni Lanal Tarempa melalui unsur KAL Baruk saat melakukan patroli pada 28 Juli 2018 lalu di sekitar Desa Ladan, Tenggara Pulau Palmatak, menangkap KM. Borneo Pearl berbobot 77 GT, melakukan penangkapan ikan tak dilengkapi dokumen Sah,"ujarnnya

Lebih lanjut, Kadispen Lantamal IV ini menuturkan ‎KM Borneo Pearl tersebut merupakan kapal latih dinahkodai Isamudin dengan 9 orang Anak Buah Kapal.

"Sela in itu KM Borneo Pearl juga membawa dua orang penumpang tanpa dokumen, namun Saat diperiksa anggota kita yang bertugas di KAL Baruk, Kapal itu memiliki bermuatan ikan hiu sebanyak 850 Kg, sirip hiu seberat 5 kg dan cumi sebanyak 25 kg, tetapi aktifitas penangkapan ikannya, kapal itu tidak bisa menunjukan dokumen,"ujarnya Mayor Ponto

Selanjutnya, ‎KM Borneo Pearl tersebut ‎diamankan di Lanal Tarempa untuk proses lebih lanjut, hingga saat ini di konfirmasi Tribun Pontianak, Kapal, nahkoda dan ABK serta berikut barang bukti masih di amankan di Lanal Tarempa untuk di lakukan penyidikan lebih lanjut

Kadis Penerangan Lantamal IV Tanjungpinang Mayor Laut (KH) Martdianus Samuel Ponto‎ menuturkan hasil pemeriksaan sementara KM Borneo Pearl diduga kuat melakukan pelanggaran diantaranya kapal berlayar tidak dilengkapi dengan SPB, kapal tidak dilengkapi crewlist/sijil, kapal tidak dilengkapi SIPI dan ikan hasil tangkapan diduga hewan yang dilindungi.

Baca : Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Untan Kehilangan Sosok Dosen Terbaik, DR Ngusmanto Meninggal Dunia

"Terkait dugaan tersebut, maka ‎dianggap melanggar UU Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikan Pasal 93 ayat 1 dan Pasal 98 serta melanggar Pasal 312 UU Nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran," pungkasnya.

Penulis: Hadi Sudirmansyah Editor: madrosid Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Makam Dibongkar, PRT yang Disekap 11 Tahun Masih Pakai Baju Dibalut Kafan, Kesaksian Majikan Janggal Sumber: Berita Kepulauan Riau< /a>

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »